Pengertian dan Proses Cetak Offset

Pengertian dan Proses Cetak Offset - Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cetak offset, mulai dari apaitu percetakan offset, teknik dasar dalam offset printing serta proses cetak dalam offset printing. Tidak sabar? Yuk langsung saja ke TKP.

Pengertian Cetak Offset

Mugkin masih banyak diantara Anda yang bertanya apa si sebenarnya cetak offset itu? Seperti yang tertulis di laman wikipedia, cetak offset adalah teknik percetakan yang menggunakan gambar bertinta untuk kemudian di transfer terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet untuk kemudian dicetak pada permukaan yang akan dicetak.. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.

pengertian cetak offset

Teknik Dasar dalam Percetakan Offset

Dalam teknik cetak offset printing biasanya menggunakan sebuah pemuat image yang rata dimana gambar yang akan dicetak megambil tinta melalui penggulung kertas, sedagkan area yang tidak dicetak menarik air sehingga permukaannya tidak terkena tinta.

Proses pra-cetak pada Cetak Offset

Dalam memproduksi produk dengan teknik cetak offset ini ada beberapa proses atau tahapan yang harus dilalui. Tahap pertama yaitu tahapan pra-cetak meliputi persiapan repro film yang akan digunakan. Setelah desain finish dan siap dioutput utuk dibuatkan film. Tahap selanjutnya setelah film selesai adalah melakukan rekam plat. Rekam plat yaitu hasil film repro direkam prosesnya serupa dengan fotocopy, pada materi berupa plat aluminium yang nantinya akan dipasang di mesin cetak. Kemudian menyiapkan kertas yang dibutuhkan (sesuai pesanan/keperluan). Tahap pra-cetak yang terakhir yaitu menyiapkan berbagai warna tinta sesuai kebutuhan, alkohol, fountain, dll. Setelah semua bahan-bahan ini disiapkan maka tahap selanjutnya adalah tahap pencetakkan.

cetak offset

Proses cetak pada Offset Printing

Pada tahap mencetak ini tahap awal adalah menyiapkan plat yang telah diaplikasikan desain dipasang di mesin cetak. Selain memasang plat pada mesin, juga disiapkan bahan-bahan dan peralatan lainnya sesuai dengan fungi dan kebutuhan, seperti tinta dan kertas. Masing-masing diletakkan pada tempatnya, plat dipasang di atas roll yang ada di bawah mesin, untuk kertas dipasang di bawah roll (yang mendatar), sedangkan tinta pun dipasang pada tempatnya dengan warna yang sesuai dengan pesanan atau kebutuhan. Setelah semua siap dan terpasang, maka mesin siap dijalankan. Tinta bersinggungan dengan rol yang terlah dipasangi plat baja, sedangkan tinta bersinggungan pula dengan kertas sehingga desain yang ada di plat berpindang ke kertas dan keluar sesuai desain.

Proses finishing pada Offset Printing

Pada tahap akhir atau finishing, pertama yang dilakukan adalah memotong kertas sesuai ukuran yang diminta atau sekedar merapikan pinggir kertas. Kemudian membubuhi kertas dengan berbagai macam hiasan atau sesuai kebutuhan, misalnya saja dengan membubuhkan embossed yaitu menghiasi kertas dengan tulisan atau gambar timbul atau tenggelam akibat matres. Diberi perekat atau lem jika produk yang dibuat berupa amplop. Dilaminating dengan plastik mengkilap atau buram/dop pada bagian luar sehingga memunculkan kesan yang estetis. Bisa juga diaplikasikan dengan pon’s, yaitu memotong kertas menjadi bentuk-bentuk yang unik dan menarik, sesuai kebutuhan atau pesanan.

Itu tadi tadi beberapa hal tentang cetak offset. Bila Anda berminat untuk mencetak desain Anda dengan teknik ini Anda dapat menghubungi jasa cetek offset Kaka Visual, percetakan offset terbaik di Jakarta. Mesin cetak Offset yang digunakan oleh Kaka Visual merupakan mesin yang terbaik dikelasnya. Jadi kualitas cetak yang dihasilkan sudah pasti berkualitas dan tahan lama. Tunggu apa lagi segera hubungi Kaka Visual di alamat

PT. Komunikasi Visual Kreatif (Kaka Visual)
Rukan Sentra Bisnis RSA 3 No. 35 Grand Galaxy City
Jl. Boulevard Raya, Jaka Setia, Bekasi Selatan 17147
Telp : (021) 8273 3300 | Fax : (021) 8273 2393