Segalanya Tentang Banner Media Promosi Efektif

Setelah pada tulisan sebelumnya kita membahas tentang percetakan offset mulai dari pengertian, teknis serta prosesnya, kali ini kita akan membahas salah satu media promosi yang populer di gunakan banyak perusahaan yakni banner. Seperti yang dilansir pada situs wikipedia, banner adalah Spanduk web (bahasa Inggris: web banner atau banner ad) adalah bentuk iklan yang dipakai di jaringan Internet. Bentuk iklan daring ini biasanya merupakan bagian dari suatu halaman web yang dipakai untuk menarik perhatian penjelajah supaya mengunjungi situs web yang dimaksud. Spanduk ini biasanya dibuat menggunakan format gambar (JPG, GIF, PNG), skrip Java, dan objek multimedia lainnya. Spanduk modern bahkan sudah disertai suara dan animasi sehingga terlihat lebih menarik. Ada berbagai ukuran yang dipakai, mulai dari yang sangat kecil, melebar, memanjang, hingga yang melintang.

Banner sering diartikan juga sebagai poster, hanya saja ukuran dan cara memasangnya berbeda dengan poster pada umumnya. Banner memiliki ukuran 2 hingga 4 kali lebih besar dari poster yang sering dijumpai. Dalam display sistemnya banner tidak ditempel seperti poster, namun di dudukan dengan sistem kaki dengan berbagai bentuk, misalnya X, Y, ring, dan roll.Segalanya 

Selain model kaki tersebut masih banyak model kaki banner yang digunakan untuk display sistemnya antara lain hanging banner, moving roll banner, dan sebagainya. Banner merupakan salah satu produk yang bisa dibuat dengan cara cetak offset seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya.
Sejarah dan Perkembangan Banner

banner


Pada jaman dahulu banner dibuat dari bahan kain yang berisi pesan simbol, logo, slogan, atu hal lainnya yang bisa digunakan untuk media beriklan atau promosi. Banner berasal dari bahasa Latin ‘bandum” yang berarti kain atau bendera (latin: banderia, Italia: Bandiera, Portugis: Bandira, Spanyol; Bandera). Dahulu banner digunakan sbaga identitas suatu Negara yang berisi gambar atau simbol Negara tersebut atau biasanya digunakan oleh gereja-gereja sebagai simbol. Namun siring perkembangan jaman, banner ini berkembang tidak hanya sebagai simbol suatu Negara atau gereja, namun telah mengalami perluasan makna sebagai media beriklan dan mempromosikan barang atau jasa. Materi pembuatan banner pun kini telah beragam.

Sejarah Banner

Banner di Inggris sudah dijumpai sejak tahun 1840-an dan ketika parade May Day bisa dijumpai banner dalam jumlah ratusan. Ikonografi ini meliputi banner dari perusahaan tambang, pabrik, pesan publik. Sebagian besar banner yang digunakan pada masa ini dominan berwarna merah.  Dewasa ini banner banyak kita jumpai di lapangan sepak bola sebagai ikon dari sebuah klub sepakbola yang ternama. Penggemar sepakbola sering membeli banner dari klub kesayangannya dan memasangnya di tribun ketika klub idolanya tengah bertanding dengan tujuan untuk memberikan semangat kemenangan. Dalam banner olahraga ini umumnya berisi nama atau nama panggilan, moto, dan warna tim. Jadi banner dewasa ini tak hanya sebagai lambang, namun juga sebagai media promosi.

Bahan dan Jenis Banner

Banner yang pada masa dulu dibuat dari bahan kain, kini materi pembuatannya bisa beraneka rupa. Untuk kebutuhan komersil banner dibuat dari bahan vinil dan dicetak dalam ukuan besar dengan ultra-wide format printer inkjet yang menggunakan pelarut tinta. Sejumlah kota-kota di Inggris menjadikan banner ini sebagai salah satu dekorasi kota selain fungsi utamanya sebagai media promosi yang potensial dagi usaha yang diiklankan. Banner dapat ditemukan atau dipasang di belakang pintu, atau jendela atau yang lebih atraktif lagi ditarik dengan pesawat atau balon udara, namun di Indonesia hal ini masih sangat jarang digunakan.

Jika anda berminat untuk mencetak banner sebagai materi dalam mempromosikan usaha anda Anda dapat memilih jasacetakmurah.co.id sebagai partnet bisnis Anda. Segera hubungi dan kunjungi websitenya untuk mendapatkan informasi yang jelas.