12 Hal Tentang Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak

Susu adalah sumber makanan paling bergizi dari segala jenis makanan dan minuman di dunia. Seluruh zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia untuk tumbuh kembang ada di dalam kandungan susu. Dengan kata lain, susu memiliki semua zat-zat nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang besar dan dalam porsi yang sedemikian rupa sehingga dapat saling bekerja sebagai satu team untuk membantu menjaga agar tubuh tetap sehat dan kuat.

Susu sendiri ternyata sudah diketahui banyak manfaatnya sejak jaman dahulu, bahkan Ibnu sina (seorang penulis kitab Al-Qanun, ilmuan, filsafat dan dokter pada abad pertengahan) menyarankan pada masyarakat waktu itu untuk mengkonsumsi susu, “”Ketahuilah bahwa susu (unta) adalah obat yang bermanfaat. Sebab susu (unta) mengandung zat yang dapat melarutkan secara halus dan juga mengandung zat-zat yang bermanfaat khusus. Hal ini telah dicoba kepada orang yang ditempatkan di negeri Arab. Ketika tertimpa bahaya,mereka diminumkan susu. Mereka pun sembuh…..”.  Maka sudah terbukti bukan? bahwa cairan putih yang berasal dari kelenjar susu mamalia betina ini sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk pertumbuhan anak. Mungkin sudah banyak orang yang mengetahui manfaat dan kandungan alami susu tapi banyak juga orang  yang merasa paranoid untuk mengkonsumsinya karena kasus penemuan susu berbakteri E-SAKAZAKII dan susu bermelamin, dan pertanyaan yang sering timbul adalah, “Apakah susu susu yang beredar di pasaran khususnya di Indonesia aman dikonsumsi ? karena akhir akhir ini kan banyak pemberitaan di media massa bahwa ada susu beracun yang menggunakan melamin dan bakteri E-SAKAZAKII pada kandungan susunya ?

Indonesia ternyata beruntung loh karena mempunyai industri susu yang telah berdiri selama 90 tahun yang selalu berinovasi untuk menghadirkan susu sehat dan halal kepada keluarga Indonesia . Perusahaan ini memiliki dua buah pabrik berteknologi canggih yaitu di Pasar Rebo dan Ciracas, Jakarta. Dengan logo bergambar bendera berkibar membuat produk ini  selalu berkibar juga di hati masyarakat Indonesia dari generasi ke generasi. Yup, that’s right it is Frisian Flag.

Oleh karena itu, untuk kalian yang ingin sehat dan kuat, tidak usah parno lagi ya untuk minum susu karena sudah ada Frisian Flag yang dalam proses produksinya mengikuti standar nasional dan internasional yang mengaplikasikan Good Manufacturing Process (GMP) & Hazardous Analytical Critical Control Point (HACCP), dari mulai pemilihan bahan baku, proses produksi hingga distribusi. selain itu PT Frisian Flag Indonesia juga mengadvokasi kepada para pemangku kepentingan untuk selalu senantiasa mendukung perkembangan holistic anak dan mempromosikan ASI eksklusif susuai petunjuk WHO.

Vastikan juga (maksa nih hehe) bahwa susu yang kalian konsumsi di produksi dengan higenis dan bebas dari ancaman mikrobiologi, kimia dan fisik agar nantinya tidak merugikan kalian di kemudian hari. Selain itu pastikan juga bahwa susu yang dikonsumsi tidak melewati masa konsumsi (tidak expired) lihat apakah kode expired yang tertera di bungkus sudah melewati waktu yang ditetapkan atau belum.

Yang suka cokelat, strawberry, vanilla dan rasa lainnya jangan khawatir tidak bisa mencicipi rasa tersebut di segelas susu karena dewasa ini sudah banyak produsen susu yang menghadirkan susu bervarian rasa tanpa harus mengurangi kandungan alami dari susu tersebut. Salah satunya adalah PT.Frisian Flag Indonesia yang menghadirkan berbagai macam varian rasa susu sesuai kesukaan kalian. Ternyata susu bervarian rasa sudah ada sejak tahun 1876 loh, diawali oleh Daniel Peter seorang pengusaha susu di Switzerland yang mempunyai ide untuk menambahkan coklat kedalam susu untuk menambah nilai jual dari produknya dan ternyata berhasil, susu berasa coklat menjadi primadona pada masa itu.

Sehat merupakan salah satu tujuan dari mengkosumsi susu.  Kalian pasti mengkonsumsi susu supaya sehat dan kuat, bukan?  Tapi masih banyak mungkin diantara kalian yang masih bingung menentukan apakah susu tersebut dapat membuat sehat atau tidak? Mengandung bahan berbahaya atau tidak?  Susu yang diproses dengan higenis mengikuti standarisasi nasional, internasional dan juga bersertifikat BPOM RI, ISO dan juga Halal sudah pasti susu tersebut aman dan dapat membuat tubuh kita menjadi sehat dan kuat. Maka dari itu pilihlah produk yang telah memiliki sertifikat terpercaya seperti sertifiat BPOM RI, sertifikat ISO dan sertifikat MUI.

Dan kalian pastinya ingin tahukan apa saja sih yang terkandung di dalam susu? Kok minum susu bisa jadi sehat dan kuat? Dalam 100 gram susu  setidaknya ada 10 kebaikan gizi yaitu kalori 61 Kkal, protein 3,2 gram, lemak 3,5 gram, karbohidrat 4,3 gram, kalium 1.200 mg, kalsium 143 mg, fosfor 694 mg, besi 1,7 mg, vitamin B1 0,03 mg, vitamin C sebanyak 1 mg. Waw banyak ya, dan ternyata segelas susu sapi sama saja dengan jumlah asupan protein dari telur, plus 300 mg kalsium, yang sama dengan 30 persen kebutuhan harian kita loh. Maka dari itu jangan heran deh kalau temen temen minum susu badannya jadi lebih sehat dan kuat.

Halal haruskah?? Selain bergizi dan higenis yang perlu diperhatikan lagi dalam mengkonsumsi susu adalah ke-Halal-annya. Cek sebelum membeli apakah produk susu tersebut mengandung unsur usur haram seperti melamin dan “B2B” atau tidak? Untuk seorang muslim mengkonsumsi makanan dan minumam halal adalah sebuah kewajiban karena Nabi -Shallallahu ‘alaihi wasallam- pernah bersabda: أَيُّمَا لَحْمٍ نَبَتَ مِنَ الْحَرَامِ فَالنَّارُ أَوْلَى لَهُ “Daging mana saja yang tumbuh dari sesuatu yang haram maka neraka lebih pantas untuknya”. Maka dari itu sebagai konsumen kalian harus teliti sebelum membeli ya. Kalian gak mau kan badannya sehat di dunia tapi sakit di akhirat.

Untuk mendapatkan produk yang halal itu bagaimana sih? Mudah kok, cari saja produk yang berlabel halal dari Majelis Ulama Indoenesia (biasanya ada di bagian bawah kemasan produk). Karena produk yang sudah berlabel seperti itu sudah di jamin kehalalannya oleh MUI sebagai pewaris tugas-tugas para Nabi (Warasatul Anbiya) maka kalian tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan sertifikasi halal ini tidak mudah loh karena harus  melalui penelitian, pengkajian, analisa yang tepat dan panjang dari Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI). Tujuan dari sertifikasi itu sendiri adalah untuk memberikan kepastian status kehalalan suatu produk, sehingga dapat menentramkan batin para konsumennya.

Pertumbuhan umur anak juga menjadi salah satu faktor penting dalam memilih susu selain faktor faktor sebelumnya yaitu berstandarisasi, higenis, dan juga halal. Jangan sampai kalian salah mengkonsumsi susu, yang seharunya susu untuk kakek nenek malah di kounsumsi oleh temen temen ,yang ada jadi cepet tua deh hehe. Untuk itu kita harus bisa membedakan susu yang akan di konsumsi agar nantinya manfaat yang didapatkan sesuai dengan yang di harapkan. Biasanya produsen akan mencantumkannya di kemasan, untuk siapa susu itu di konsumsi, jangan sampai temen temen mengkonsumsi susu kakek nenek ya hehe

Anak yang sehat dapat dilihat dari 10 ciri cirri anak sehat berikut, yaitu bergerak aktif, bicara sesuai umur, gusi merah mudah, wajah cerah, kulit bersih dan sehat, kuku bersih dan sehat, tinggi bertambah, berat badan bertambah, penuh perhatian dan dapat tidur nyenyak. Coba cek 10 ciri tersebut ke diri kalian masing masing, apakah kalian sehat atau tidak? Salah satu cara untuk mendapatkan itu semua adalah hidup sehat, rajin berolahraga, makan teratur dan jangan lupa minum susu ya. Cukup sekian info tentang 12 Hal Tentang Susu Inovasi Yang Sehat dan Halal Untuk Pertumbuhan Anak sampai jumpa di posting selanjutnya dan jangan lupa berkunjung kembali di blog ini ya :). Terimakasih.


Reference : 
http://www.frisianflag.com/id/beranda/inilah-kami 
                http://healthiskesehatan.blogspot.com/2011/01/kandungan-dan-manfaat-susu-sapi.html
                http://www.scribd.com/doc/76125202/Para-Peneliti-Menemukan-Penemuan-Yang-Manis
                http://www.halalmui.org/newMUI/index.php/main/go_to_section/15/41/page/1
                http://www.ibudanbalita.com/berita/semua-produk-frisian-flag-bebas-dari-e-sakazakii